W3.CSS

Gebyar Perpustakaan TKK 11 PENABUR

Nov 25, 2016 by

Gebyar Perpustakaan TKK 11 PENABUR Jakarta diadakan setiap tahun.  Bertujuan untuk mempromosikan koleksi buku yang ada di perpustakaan sekolah sehingga dimanfaatkan oleh peserta didik dan orangtua.

Pada acara tersebut diadakan berbagai perlombaan untuk peserta didik di berbagai jenjang. Selain peserta didik, orangtua pun sangat antusias dalam mendukung lomba yang diikuti oleh anak-anak mereka.

Berikut adalah proses yang dipersiapkan dalam melaksanakan kegiatan gebyar perpustakaan. Pertama membuat tema dengan mengangkat budaya nusantara Indonesia yang bertujuan mengenalkan budaya Indonesia pada peserta didik. Kedua menyusun anggaran. Ketiga menyusun panitia. Keempat menyusun lomba yang akan diadakan yang disesuaikan dengan usia peserta didik. Kelima membuat kriteria penilaian lomba.

Jenis lomba yang diadakan antara lain, Lomba Bercerita (bercerita 40%, Keberanian 30%, Berpakaian / Kerapihan 30%), Lomba Bernyanyi (Hafal lagu 40%, Keberanian 30%, Berpakaian / Kerapihan 30%), Lomba Fashion Show (Penguasaan Panggung 40%, Kerapihan pakaian 40%, Keberanian 30%).

Semua peserta lomba akan diseleksi terlebih dahulu. Seleksi dilakukan per kelas dengan tujuan dapat melihat peserta didik yang benar-benar berpotensi untuk mengikuti lomba ke semi final.

Babak semi final berlangsung sangat meriah. Peserta didik mengenakan pakaian dari berbagai daerah. Ada yang berpakaian adat Bali, Jogya, Papua, Jakarta, Surakarta dan sebagainya. Sementara itu, jenjang K2 mereka bercerita tentang berbagai cerita rakyat Indonesia. Ada yang bercerita Bawang Merah Bawang Putih, Si Kabayan, Malin Kundang, dan sebagainya.

Jenjang K1 bernyanyi lagu daerah, ada yang bernyanyi Si Patokaan, Yamko Rambe Yamko, Sarinande, dan sebagainya. Kemudian Jenjang PG mengenakan baju  daerah Indonesia untuk Lomba Fashion Show.

Tingkah dan polah peserta didik saat perlombaan di mulai sangat beragam. Ada yang semangat waktu bercerita, ada yang berani dengan langkah tegap maju naik ke atas panggung , ada pula yang takut, malu, menangis saat dipanggung. Namun orangtua peserta didik sebagai penonton sangat senang dan bangga. Karena melalui kegiatan ini  anak-anak mereka dapat mandiri, berani, sekaligus memiliki prestasi.

Hadiah yang sediakan oleh panitia berupa piala. Terdapat juga souvenir yang diberikan kepada seluruh peserta lomba. Sehingga semua peserta didik, baik menang maupun tidak tetap membawa hadiah. Semua merasakan kegembiraan pada hari itu.

Penulis : Aris Widjayanti (Pustakawan TKK 11 PENABUR)

Editor : Rhewindinar

 

Related Posts

Tags

Share This