W3.CSS

Sekolah Nasional

1. Taman Kanak-kanak (TKK) BPK PENABUR Jakarta

TK Kristen BPK PENABUR Jakarta dikelola dengan menerapkan prinsip bermain sambil belajar dan bersosialisasi. Anak usia dini memrlukan pendidikan yang tepat sehingga para pendidik harus memperhatikan perkembangan psikologis, fisik, dan psikomotorik anak. Peran guru TK sangat penting karena mereka harus sabar dan telaten menghadapi bermacam-macam karakter anak dan mengajarkan kemandirian serta bersosialisasi.

Usia siswa Jenjang TK adalah: Toddler (1,5 tahun), KB (2,5 tahun), TK A (3,5 tahun), TK B (4,5 tahun). Jenis TK Kristen PENABUR Jakarta adalah Nasional dan Bilingual.

Kelas Toddler diperuntukkan bagi anak usia 1,5 – 2,5 tahun sebelum mereka memasuki usia Kelompok Bermain (Play Group) Di Toddler, anak dibiasakan bersosialisasi bersama kelompoknya serta mengembangkan aspek psikomotorik, afektif, dan kognitif dalam belajar dan bermain sejak usia dini. Pembelajaran di TK menggunakan sistem active learning dengan dasar pendidikan karakter berbasis nilai-nilai Kristiani (PKBN2K) dengan dilengkapi Native Speaker atau expatriate. Diajarkan penggunaan bahasa Inggris dan Mandarin dalam percakapan sederhana.

2. Sekolah Dasar (SD) BPK PENABUR Jakarta

Pendidikan dasar menjadi landasan yang sangat penting untuk perkembangan anak, maka dari itu berbagai kebiasaan baik seperti disiplin, menghargai orang lain, sikap hormat, rajin beribadah, peduli kepada sesama perlu dipupuk dan dikembangkan di SD. Kebiasaan yang baik ini akan membantu siswa dalam pembentukkan karakter diri untuk menjadi manusia dewasa yang mandiri dan bertanggung jawab, serta takut akan Tuhan. Jenis SD Kristen PENABUR Jakarta adalah Nasional dan BIilingual serta programnya adalah Akselerasi.

3. Sekolah Menengah Pertama (SMP) BPK PENABUR Jakarta

Pembelajaran di SMP sudah mulai mengarah kepada pemahaman ilmu pengetahuan dan logika, maka dari itu konsep guru kelas di SD sudah mulai beralih pada guru bidang studi. Kegiatan siswa di jenjang SMP mengarah kepada aktivitas pembentukan karakter dan kerjasama dimana untuk usia remaja awal sangat dibutuhkan.

Kegiatan seperti PMR dan Pramuka menjadi kegiatan wajib bagi siswa di SMP karena kegiatan ini sangat positif dalam pembentukan watak dan sesuai dengan aktivitas siswa SMP yang kreatif dan dinamis.

Program SMP Kristen PENABUR Jakarta adalah Nasional, Bilingual, dan Akselerasi.

4. Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Farmasi (SMF) BPK PENABUR Jakarta.

BPK PENABUR Jakarta dalam menjalankan visi dan misinya menjalani masyarakat membuka sekolah mulai TK, SD, SMP, dan SLTA. Pada jenjang SLTA, BPK PENABUR Jakarta memiliki 10 SMA dan 1 SMK. Sekolah Menengah Atas Kristen (SMAK) yang saat ini ada yaitu SMAK 1, SMAK 2, SMAK 3, SMAK 4, SMAK 5, SMAK 6, SMAK 7 berlokasi di DKI Jakarta, SMAK PENABUR Gading Serpong, SMAK PENABUR Bintaro Jaya berlokasi di Tangerang Banten, SMAK PENABUR Harapan Indah berlokasi di Bekasi Jawa Barat dan 1 sekolah kejuruan farmasi (SMKF) yang berlokasi di Jakarta Pusat.

Proses belajar mengajar ditempuh siswa dengan mengikuti aktivitas intrakurikuler dan ekstrakurikuler. Dalam PBM materi diberikan guru dengan memperhatikan perkembangan kebutuhan dunia pendidikan. Untuk itu kurikulum yang dipergunakan adalah kurikulum yang didesain selaras dengan perkembangan ilmu dan teknologi baik secara kognitif, psikomotorik, dan afektif. Untuk mengakomodir kebutuhan siswa program yang ada di SMAK PENABUR Jakarta adalah program Nasional, program KBI, Brilliant Class (BC), & Sistem Kredit Semester (SKS).

Aktivitas ekstrakurikuler siswa meliputi bidang seni, olahraga, bahasa, kepemimpinan, pelayanan, kerohanian, teknologi informasi, dan lain sebagainya. Pendidikan karakter dengan dasar Nilai-Nilai Kristiani dikemas terintegrasi dalam proses yang utuh. Berbagai prestasi telah diraih oleh siswa baik dalam ajang Olimpiade Sains Nasional maupun Internasional, robotik, penelitian ilmiah sosial maupun sains, seni, olahraga, jurnalistik, debat, ekonomi, dan lain-lain.

SLTAK PENABUR Jakarta berkomitmen mendidik putra-putri Indonesia agar siap menghadapi perubahan zaman untuk Indonesia yang lebih baik.