W3.CSS

Pelatihan “Metodologi” dan “ChemSketch” untuk Guru Kimia

Oct 29, 2015 by

Mengajar memerlukan metode pembelajaran yang efektif sehingga siswa mampu menyerap pengetahuan dengan baik. Untuk meningkatkan keahlian mengajar dalam pembelajaran Kimia, Sekolah Kristen PENABUR membekali para guru Kimia melalui Pelatihan Metodologi Pembelajaran Kimia  dan Penggunaan Perangkat Lunak Chemsketsh.

Salah satu latar belakang kegiatan yang berlangsung Kamis (29/10) di Sekretariat PENABUR Jakarta ini adalah tuntutan kurikulum 2013 yang mengharuskan guru mengajar dengan pendekatan saintifik. Sehingga berbagai macam model pembelajaran yang menunjang pendekatan saintifik perlu dieksplorasi lebih dalam. Selain itu, rumitnya ikatan-ikatan kimia perlu divisualisasikan dengan media pembelajaran agar siswa mudah memahami konsep-konsep kimia.

Pelatihan ini diikuti oleh guru-guru kimia PENABUR, jenjang SMA yang berasal dari beberapa wilayah yaitu Jakarta, Tirtamarta, Lampung, Cirebon, Cianjur, Tasikmalaya, Sukabumi, Bogor dan Bandung.

Lantas, model pembelajaran apa yang paling efektif dalam mengajar pelajaran kimia? Pertanyaan dari peserta pada saat pelatihan. “Tidak ada model pembelajaran yang paling efektif untuk semua mata pelajaran atau untuk semua materi”, ungkap Dr. Muktiningsih Nurjayadi, M.Si., salah satu pembicara.

“Guru di dalam kelas harus memilih di antara metode yang ada, dengan mempertimbangkan beberapa hal seperti tujuan pembelajaran, sifat materi pelajaran, ketersediaan fasilitas, kondisi siswa, dan alokasi waktu yang tersedia”, jelas pembicara dari Universitas Negeri Jakarta ini. Selain itu Dr. Fera Kurniadewi, M.Si., dari institusi yang sama juga memberikan pemaparan tentang penggunaan perangkat lunak chemsketch dalam memvisualisasikan ikatan kimia, sehingga menambah keahlian guru Kimia yang hadir.

Penulis : Dina Octafiani

Editor   : Rewindinar

Related Posts

Tags

Share This