W3.CSS

Perpustakaan Sekolah Kristen PENABUR Jakarta Menuju Digital

Jul 21, 2016 by

Perpustakaan sekolah saat ini memiliki fungsi sebagai rumah buku yang bisa dikunjungi oleh peserta didik dan pendidik untuk membaca. Selain itu juga dapat meminjam buku, mencari data dan bahan referensi untuk karya tulis.  Akan tetapi, dengan perkembangan internet dan aplikasi serta penggunaan gadget yang menjadi gaya hidup, peserta didik dan pendidik memiliki harapan dapat membaca buku dimanapun, kapanpun  dengan nyaman. Sehingga dapat terus menambah ilmu pengetahuan serta memberikan motivasi diri untuk terus mencari  bahan bacaan bermutu bagi diri mereka.

BPK PENABUR Jakarta saat ini akan mengembangkan layanan perpustakaan sekolah berbasis digital di seluruh perpustakaan jenjang SMPK dan SLTAK yang dapat diakses melalui gadget yang dimiliki pribadi. Tentunya persiapan menuju perpustakaan digital bukan hal yang mudah,  juga tidak sulit.  Hal tersebut memerlukan upaya dan dukungan dari seluruh bagian yang terkait.

Salah satu keuntungan mengelola perpustakaan digital adalah efisiensi, dimana stok buku lebih banyak dengan biaya rendah. Selain itu  perpustakaan digital tidak memerlukan tempat penyimpanan yang luas sehingga mampu mengatasi kendala yang dihadapi oleh perpustakaan sekolah yaitu kebutuhan  ruang perpustakaan yang luas.  Peserta didik dan pendidik pun dapat mencari buku lebih mudah. Perlu digarisbawahi bahwa perpustakaan digital bukan pesaing  perpustakaan konvensional akan tetapi saling melengkapi.

Manfaat yang didapat oleh peserta didik dan pendidik serta orang tua adalah  peserta didik dapat membaca buku yang disukai dimana saja, orang tua dapat juga mengawasi anak mereka membaca buku dengan cara mengecek melalui fitur yang disediakan oleh pemilik program aplikasi. Sedangkan bagi pendidik dapat mencari bahan mengajar dengan mudah dan cepat.

Menindaklanjuti himbauan Mendikbud Bapak Anis Baswedan yaitu membaca 15 menit sebelum PBM (Proses Belajar Mengajar) dimulai, hal ini menjadi motivasi bagi perpustakaan Sekolah Kristen PENABUR Jakarta dalam mengupayakan sarana mefasilitasi  peserta didik dan pendidik. Dengan demikian mereka dapat  membaca dengan bahan bacaan yang bermutu dan nyaman khususnya di luar lingkungan sekolah dengan menggunakan gadget pribadi.

Penulis : Aluni E. Murti – Koordinator Perpustakaan BPK PENABUR Jakarta

Editor: Rewindinar

Related Posts

Tags

Share This