W3.CSS

Petualangan Seru di Rumah Ilmu

Sep 1, 2016 by

“Hari ini kita akan berpetualang dan menemukan banyak ilmu”. Itulah kalimat yang pertama kali saya ungkapkan ketika untuk pertama kali siswa kelas 1 (satu) SDK 4 PENABUR masuk ke perpustakaan di awal tahun pelajaran 2016-2017.

Seketika raut wajah mereka gembira dengan teriakan “yes, hore” dan beberapa anak langsung berdiri hendak  berlari menuju rak buku. “Tunggu dulu ya anak-anak … kalian harus duduk yang rapi” ujarku lagi. Miss mau tunjukkan dulu siapa dan apa saja yang ada di perpustakaan kita. Lalu saya mulai memperkenalkan diri bersamaan dengan dua rekan asisten perpustakaan, tata tertib dan jenis koleksi yang ada di perpustakaan.

Salah satu cara untuk menumbuhkan minat baca anak adalah dengan membawa mereka ke perpustakaan. BPK PENABUR Jakarta sebagai salah satu yayasan pendidikan kristen sudah memberlakukan kunjungan ke perpustakaan masuk dalam kegiatan intrakurikuler. Khusus jenjang TK dan SD satu jam pelajaran setiap minggu.

Perpustakaan Sekolah Kristen PENABUR Jakarta memiliki ruang dan koleksi bahan pustaka  yang baik dan bervariasi. Tidak hanya itu perpustakaan Sekolah Kristen PENABUR Jakarta memiliki tenaga perpustakaan yang terlatih mengelola perpustakaan. Selain itu juga mereka melayani dengan prima para peserta didik dan guru sebagai pemustaka.

Untuk meningkatkan minat baca, perpustakaan membuat program yang menarik bagi para peserta didik. Berbagai macam kegiatan antara lain pengenalan perpustakaan sekolah, bercerita, membaca buku referensi, majalah, menonton bersama dan membaca seperti reporter.

Bagi peserta didik kelas satu sampai  kelas tiga di awal tahun pelajaran (bulan Agustus)  terdapat program “Petualangan Seru di Rumah Ilmu” yaitu program pengenalan perpustakaaan sekolah sambil mencari kartu kata yang sudah diletakkan di setiap rak. Petualangan di mulai dari urutan rak fiksi, non fiksi (sesuai klasifikasi), buku guru, referensi, rak majalah, koran,  AVA (Audio Visual Aids), dan non book lainnya.

Setelah petualangan selesai, peserta didik diminta untuk membentuk kelompok sesuai dengan urutan nomor dan  kata pada kartu kata yang didapat. Kemudian setiap kelompok membaca bersama kata yang diperoleh. Lalu diminta menebak rangkaian kata-kata yang sudah dibacakan seluruh kelompok. Beberapa anak yang dapat menebak  rangkaian kata – kata itu, merupakan syair/lirik lagu yang kemudian mereka nyanyikan bersama.

Kegiatan tersebut disambut baik oleh peserta didik karena mereka terhibur dan merasa senang sehingga dengan sukacita mereka datang ke perpustakaan membaca dan meminjam buku.

Penulis : Titir Silaen – Pustakawan SDK 4

Editor : Rewindinar

Related Posts

Tags

Share This