W3.CSS

Petualangan Seru di Rumah Ilmu

Aug 31, 2016 by

“Hari ini kita akan berpetualang dan menemukan banyak ilmu”. Itulah kalimat yang pertama kali saya ungkapkan ketika untuk pertama kali siswa kelas 1 (satu) SDK 4 PENABUR masuk ke perpustakaan di awal tahun pelajaran 2016-2017.

Seketika raut wajah mereka gembira dengan teriakan “yes, hore” dan beberapa anak langsung berdiri hendak  berlari menuju rak buku. “Tunggu dulu ya anak-anak … kalian harus duduk yang rapi” ujarku lagi. Miss mau tunjukkan dulu siapa dan apa saja yang ada di perpustakaan kita. Lalu saya mulai memperkenalkan diri bersamaan dengan dua rekan asisten perpustakaan, tata tertib dan jenis koleksi yang ada di perpustakaan.

Salah satu cara untuk menumbuhkan minat baca anak adalah dengan membawa mereka ke perpustakaan. BPK PENABUR Jakarta sebagai salah satu Yayasan Pendidikan Kristen sudah memberlakukan kunjungan ke perpustakaan masuk dalam kegiatan intrakuler. Khusus jenjang TKK dan SDK,  dimana setiap  1 jam pelajaran setiap minggu.

Perpustakaan sekolah BPK PENABUR Jakarta memiliki ruang dan koleksi bahan pustaka  yang baik dan variasi.  Tidak hanya itu perpustakaan BPK PENABUR Jakarta juga telah dilengkapi oleh tenaga perpustakaan yang terlatih untuk mengelola dan melayani peserta didik serta guru  sebagai  pemustaka  dengan baik.

Layanan prima dari tenaga perpustakaan sangat dibutuhkan oleh pemustaka, salah satunya dengan menciptakan program menarik bagi para peserta didik.  Untuk meningkatkan minat baca, kami melakukan berbagai macam kegiatan diantaranya dengan pengenalan perpustakaan sekolah, bercerita, membaca buku referensi, majalah, menonton bersama dan membaca seperti reporter.

Bagi peserta didik kelas 1 sampai dengan kelas 3 di awal tahun pelajaran (bulan Agustus)  kami melakukan program “Petualangan Seru di Rumah Ilmu” yaitu program pengenalan perpustakaaan sekolah sambil mencari kartu kata yang sudah diletakkan di setiap rak. Petualangan di mulai dari urutan rak fiksi, non fiksi (sesuai klasifikasi), buku guru, referensi, rak majalah, koran,  AVA, dan non book lainnya.

Setelah petualangan selesai peserta didik  diminta untuk membentuk kelompok sesuai dengan urutan nomor dan  kata pada kartu kata  yang didapat. Kemudian setiap kelompok membaca bersama kata yang diperoleh. Lalu diminta menebak rangkaian kata-kata yang sudah dibacakan seluruh kelompok. Beberapa anak yang dapat menebak  rangkaian kata – kata itu, yang merupakan syair/lirik lagu yang kemudian mereka nyanyikan bersama.

Kegiatan tersebut disambut baik oleh peserta didik karena dapat menghibur dan merasa senang  sehingga dengan sukacita datang ke  perpustakaan untuk membaca buku serta meminjam  buku.

Penulis : Titir Silaen – Pustakawan SDK 4

Editor : Dina Octafiani

Related Posts

Tags

Share This