W3.CSS

Profesi Pustakawan

Jan 27, 2017 by

Banyak Negara-negara Amerika dan Eropa yang telah mengapresiasi para pustakawan. Salah satunya adalah dengan memberikan penghasilan lebih tinggi dari profesi lain seperti dokter ataupun dosen.

Pemerintah Indonesia sendiri telah mengeluarkan undang-undang perpustakaan dan profesi perpustakaan yang tertuang dalam PP No 24 Tahun 2014 dan pelaksanaan UU No. 43 Tahun 2017, tentang jabatan fungsional pustakawan dan angka kreditnya.

Perpustakaan Nasional juga telah mengadakan akreditasi pustakawan untuk tetap menjaga dan meningkatkan kompetensi pustakawan. Tidak hanya itu banyak organisasi yang telah terbentuk untuk mengembangkan dunia perpustakaan dan profesi pustakawan, antara lain Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI), Asosiasi Pekerja Informasi Sekolah Indonesia, ATPUSI dan sebagainya.

Namun profesi seorang pustakawan saat ini perlu meningkatkan keahliannya terutama dalam hal pemanfaatan teknologi. Tingginya kebutuhan akan informasi di era digital telah membuat seorang pustakawan harus terampil mengumpulkan, mengelola serta mengembangkan setiap informasi yang dibutuhkan oleh pemustaka.

Meskipun di tingkat perguruan tinggi seperti Universitas Indonesia (UI), Universitas Gajah Mada (UGM), Universitas Padjadjaran (UNPAD), dan beberapa perguruan tinggi lainnya terdapat jurusan perpustakan, namun penting bagi pustakawan untuk terus meningkatkan keahliannya.

Sementara itu di tingkat sekolah sendiri, profesi pustakawan adalah penting sebagai penyedia informasi dan pengetahuan untuk dapat menunjang pendidikan peserta didiknya. BPK PENABUR Jakarta sebagai sekolah Kristen yang memiliki keunggulan baik kurikulum, prestasi maupun fasilitas juga berusaha terus meningkatkan peran pustakawan dan juga kualitas perpustakaan itu sendiri.

Salah satunya adalah dengan melakukan reformasi perpustakaannya melalui Library Management System (LSM), dimana LSM ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan eketifitas pustakawan dalam mengelola perpustakaan secara online.

Penulis: Rani Eka Puspitasari – Pustakawan SDK PENABUR Kelapa Gading 2.

Editor: Rewindinar

Related Posts

Tags

Share This