W3.CSS

Raih Nilai UN Sempurna, Dipasukha Edbert: “Jangan Takut untuk Bermimpi”

May 14, 2019 by

Siswa SMAK PENABUR Harapan Indah, Dipasukha Edbert (17), berhasil meraih nilai sempurna di Ujian Nasional (UN) 2019 bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan jumlah nilai 400.

Dipasukha memiliki arti pulau kebahagiaan, sedangkan Edbert memiliki arti murah hati. Apabila disimpulkan, Dipasukha Edbert diharap bisa menjadi “terang” dan pelita kebahagiaan bagi orang-orang disekitarnya.

Dan demikianlah Dipasukha Edbert menjadi terang bagi teman-temannya; di sekolah ia dikenal sebagai siswa yang tak sungkan mengajari temannya. “Anaknya suka membantu, rajin, dan pekerja keras,” ujar Miss Vallen, guru Edbert dalam mata pelajaran Matematika.

Dipasukha Edbert

Menurut Edbert, hal pertama yang harus diterapkan apabila ingin menjadi murid berprestasi adalah komitmen dengan diri sendiri. Komitmen memang tidak bisa langsung tumbuh didalam diri seseorang, tapi harus dibangun seiring berjalannya waktu. Komitmen ini dibutuhkan dalam membagi waktu, memanfaatkan kesempatan dan menggapai peluang yang ada.

“Saya berkomitmen untuk membagi waktu antara belajar, istirahat, les, bersosialisasi, hingga olahraga,” jelas Edbert. Terkadang, lanjutnya, ia masih kesulitan membagi waktu belajar. Namun berkat dukungan dan bantuan dari keluarga, guru, dan teman-teman, akhirnya Edbert berhasil menuntaskan UNBK dan meraih nilai sempurna.

Dipasukha Edbert bersama Guru dan Kepala Sekolah

Setelah ini, Edbert akan melanjutkan studi ke National University of Singapore dengan beasiswa penuh. Kepada adik-adik kelasnya, berkenaan dengan kesukesannya meraih nilai sempurna dan beasiswa, ia sering berpesan agar mereka tak membatasi mimpi mereka. “Jangan takut untuk bermimpi. Karena jika punya cita-cita setinggi langit—mengutip Ir Soekarno—setidaknya kalau jatuh, jatuhnya masih di antara bintang-bintang,” tutupnya.

Related Posts

Tags

Share This